Bupati Enos Raih Penghargaan Pelopor PUD Agrobisnis dan Logistik di Provinsi Sumsel

  • Bagikan

kupas.news

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. Hadiri Kegiatan Sarasehan Nasional yang mengusung tema “1001 Cerita dari Bumi Sriwijaya untuk Indonesia Maju Menuju Sumsel Mandiri Pangan” dan Pemberian Penghargaan terhadap Kepala Daerah “Matalokal Award”. Kegiatan yang dilaksanakan di Griya Agung Palembang ini dalam rangka HUT 10 Tahun Tribun Sumsel. Selasa, 12 Juli 2022.

Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru menyampaikan, program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) merupakan sesuatu yang sederhana hanya mengubah mindset masyarakat yang tadinya konsumen menjadi produsen.

“Kenapa saya timbul pemikiran GSMP ini artinya untuk mengantisipasi ataupun mencegah pangan di Sumsel, yangmana selaras dengan program pusat terhadap krisis pangan” Ungkap Gubernur Terinovatif ini.

Dalam kesempatan ini Bupati Enos menerima penghargaan Pelopor PUD Agrobisnis dan Logistik di Sumatra Selatan. Selain itu, Kabupaten OKU Timur juga tercatat sebagai kabupaten dengan indeks ketahanan pangan tertinggi di Provinsi Sumatra Selatan dengan raihan angka mencapai 81,22%.

Baca Juga :   Sumbang 4 Medali Dari Cabor Sambo OKU Timur

Bupati Enos mengatakan, PUD Agrobisnis dan Logistik ini dibentuk sebagai upaya untuk mengendalikan surplus pangan di Kabupaten OKU Timur seperti beras dan gabah, “Selain produksi, itu juga tentang keberpihakan kepada petani dan dalam waktu dekat kita akan membuat Sistem Resi Gudang (RSG)” Ujar Bupati Enos.

Adapun SRG yang dimaksud akan difokuskan sebagai tempat penyimpanan beras dan gabah dari petani yang rencananya akan dibangun di Sukaraja.

“Tanaman jagung, kopi dan beberapa tanaman lain sebenarnya bisa, namun untuk mengawali karena di OKU Timur ada beras dan gabah maka itu menjadi prioritas” Jelasnya.

Didalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba cerdas cepat yang memasuki babak final, adapun ketiga perwakilan yang bertanding di babak final merupakan perwakilan Kabupaten OKU Timur, Kabupaten Muratara dan Kota Lubuklinggau. 

Baca Juga :   Dana CSR Rp 200 Juta Bank Sumsel Babel Cabang OKU Timur Berbentuk Barang

Ketiga perwakilan ini bertanding menjawab 20 pertanyaan seputar pertanian di Provinsi Sumatra Selatan, dan Kabupaten OKU Timur berhasil keluar sebagai juara pertama disusul oleh Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara.

Narasumber dalam sarasehan hari ini diantaranya Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru, Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian Inti Pertiwi Nashwari, Tokoh Masyarakat Peduli Pertanian Komjen Pol. (Purn) Drs. Susno Duadji dan Perwakilan PT. Pusri.

Sumber :Diskominfo OKU Timur

(Red)

  • Bagikan