Berita  

Bupati OKU Timur Serahkan Simbolis 256 Miliar Dana Desa Tahun Anggaran 2023

kupas.news

Bupati OKU Timur menyerahkan secara simbolis Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2023. Penyerahan Simbolis Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan di Balai Rakyat Setda OKU Timur. Rabu (22/2/2023)

Kegiatan ini dihadiri Bupati OKU Timur Ir.H. Lanosin S.T, Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP., M.M, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura Shafwat Saka, Forkopimda +, Staf Ahli dan Staf Khusus, Kepala OPD, Kepala KPPN Baturaja, Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya, Camat Se-Kabupaten OKU Timur dan Kades Se- Kabupaten OKU Timur.

Dalam Sambutan dan Arahan Bupati OKU Timur Ir. H Lanosin S.T mengatakan Dana desa diharapkan dapat dikelola dengan benar oleh desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Saya mengajak semua elemen untuk terus berjuang, melangkah dan bekerja keras bersama untuk Kabupaten OKU Timur yang lebih baik

“Saya tekankan kepada semua untuk selalu membangun koordinasi sehingga upaya keterpaduan pelaksanaan program pembangunan yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai dengan amanat UU dan sesuai dengan yang diharapkan guna menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia”ungkapnya

Ir. H Lanosin S.T Menambahkan Alasan kegiatan ini harus di launching karena ini adalah milik negara maka harus diumumkan agar masyarakat tahu bahwa OKU Timur yang terbaik karena pertama kali menyalurkan DD. Dari jumlah desa di OKU Timur, terdapat 30% posyandu yang tidak memiliki alat ukur dan alat timbang, untuk itu Bupati menekankan agar kepala desa untuk segera mengatasinya agar kasus stunting bisa diminimalisir. Kedepannya data-data dasawisma bisa terkumpul dengan baik sebagai landasan dasar kita untuk melaksanakan sesuatu. 

Baca Juga :   Camat Martapura Bagikan BST ke 5 Dan 6 Secara Serentak

“Dengan adanya Dana Desa ia menginginkan Bumdes  untuk mencari peraturan sehingga bisa dapat menebuskan pupuk yang dibutuhkan oleh para petani, sehingga para petani dapat menggunakan pupuk tersebut di lahan nya dan Bumdes mendapatkan hasil daripada perputaran keuangan yang berada disekitar desa tersebut” harapnya

Sementara Kepala Dinas PMD  Dalam Laporannya menyampaikan Pagu Dana Desa OKU Timur Tahun 2023 Sebesar Rp. 256.846.091.000,- bagi 305 desa definitif. 

“Tahap 1 Dana Desa Non BLT telah disalurkan sebanyak 221 Desa sejumlah Rp. 54.963.246.750, Dana Desa untuk bantuan langsung tunai telah proses salur untuk 221 desa sebesar Rp. 5.306.400.000, Sisa 84 Desa baik non BLT ataupun BLT masih proses penyampaian dari desa untuk segera dilaksanakan penyalurannya” terangnya

Baca Juga :   Ciptakan Pilkades Aman dan Damai Pemerintah Kecamatan Martapura Gelar Deklarasi Damai Pilkades 2021

Dalam Kegiatan ini Bank Sumsel Babel Cabang Martapura memberikan penghargaan kepada Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin S.T atas Peran dan Inisiasi terhadap pembuatan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) berupa Kartu ATM kepada perangkat desa Se-Kabupaten OKU Timur.

Selain itu juga dilaksanakan Pemberian Penghargaan Kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, diantaranya:

1. Pemberian Penghargaan atas pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2022.

Peringkat 1 : Buay Madang Timur

Peringkat 2 : Belitang III

Peringkat 3 : Belitang Madang Raya. 

2.Penghargaan atas penerimaan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang berasal dari hasil usaha desa (Bumdes) tahun anggaran 2022. 

Peringkat 1 : Desa Sri Bantolo (Belitang II) 

Peringkat 2 : Desa Karang Manik (Belitang II) 

Peringkat 3 : Desa Bantan (BP. Peliung). 

3. Penghargaan atas dukungan percepatan penyaluran dana desa tahap 1 tahun anggaran 2023.

Peringkat 1 : Desa Karya Makmur (Madang Suku III) 

Peringkat 2 : Desa Peracak (Bunga Mayang) 

Peringkat 3 : Desa Kurungan Nyawa II (Buay Madang)

4. Penyerahan secara simbolis kartu dan sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, MPD dan RT. 

(Red)