Cegah Stunting, Dinkes OKU Timur Optimalkan GERMAS

  • Bagikan

OKU Timur-kupas.news

Pemerintah OKU Timur melalui Dinas Kesehatannya melakukan Aksi Optimalisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dalam upaya Pencegahan Stunting, dan merubah pola pikir masyarakat penting menjaga pola Hidup sehat
Kegiatan ini di aula bina praja 1 Pemkab Senin pagi (06/12/2021).

Acara itu dihadiri Ketua TP PKK OKU Timur Hj dr Sheila Noberta, bersama Ketua TP PKK dari 20 kecamatan, kepala OPD, dan unsur terkait dibuka Sekretaris Daerah (Setda) namun diwakili Asisten 1 Dwi Supriyanto.

Kampanye Germas ini dikemas dengan kegiatan menarik, mulai dari senam bersama, dan pemberian hadiah dilanjutkan pembinaan penting nya Germas disampaikan ketua TP PKK.

Ketua panitia pelaksana Kepala Bidang (Kabid ) Kesehatan masyarakat Dinkes Elwana SKM mengatakan, tujuan kampanye ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menggalakkan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Baca Juga :   Wabup Yudha Resmi Lantik 100 Pejabat Eselon dan Jafung

“Untuk kesempatan ini, kita kampanyekan 3 pilar Germas, yakni olahraga, makan buah dan sayur sebagai pangan lokal, dan pemeriksaan kesehatan. Ini adalah langkah awal yang kita lakukan untuk menyadarkan kepada khalayak akan pentingnya menjaga kesehatan,” ujarnya.

Foto Bersama Ketua TP PKKOKU Timur dr. Sheila Noberta bersama peserta Aksi Optimalisasi GERMAS cegah Stunting

Germas ini lanjut dia, akan terus dikampanyekan dengan menyasar masyarakat di tingkat kecamatan hingga Desa dan Kelurahan se-Kabupaten OKU Timur.

Elwana mengatakan, tujuan germas agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat, dalam upaya promotif dan preventif serta menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular.

Selain itu sambung nya, membudayakan masyarakat hidup sehat, jaman sekarang bukan lagi ajakan akan tetapi menjadi sudah keharusan di tengah tingginya risiko penyakit menular Indonesia.

Baca Juga :   POPDA Sumsel 2022, Kontingen OKU Timur Raih Medali Emas Pertama

” Kampanye hidup sehat dilakukan dengan cara sosialisasi dan mengapokasi para pengambil kebijakan, baik tingkat kabupaten maupun kecamatan dan kelurahan , dapat mendukung pelaksanaannya dengan lintas sektoral dalam pencegahan stunting daerah ini.” Jelasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah diwakili Asisten 1 Dwi Supriyanto dalam kesempatan membuka kampanye Germas ini menyambut baik aksi yang menurutnya sangat penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

“Menjaga kesehatan ini harus dimulai sejak awal, dan perlu dilakukan kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan sejak kecil. Sehingga anak-anak kita nantinya akan memahami arti penting kesehatan,” pesannya.

Dalam kampanye Germas ini, turut hadir Kepala Sekretaris Kesehatan Yakup SKM, Tim kampanye Germas dari Dinkes, serta para tenaga kesehatan dan masyarakat umum lainnya.

Diskominfo/oke

  • Bagikan