Berita  

HMI Baturaja Diskusi Dengan Rektor Pada Dies Natalies Ke 22 UNBARA

KUPAS.NEWS-BATURAJA-Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Baturaja Melakukan diskusi dengan Rektorat Universitas Baturaja Ir. Hj. Lindawati MZ., M.T. Dalam Rangka Peringatan hari lahir (dies natalis) ke 22 di kampus Univertas Baturaja (UNBARA), Kamis, 29/7/2021.

Peringatan dies natalis UNBARA dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan kehidupan. Karena itu, biasanya peringatan tersebut dirayakan dengan penuh syukur dan kebahagiaan. Bertambahnya usia selalu dibarengi dengan harapan akan makin bertambahnya kedewasaan. Tidak hanya bagi manusia, pertambahan usia bagi organisasi pun selalu dikaitkan dengan tingkat kedewasaan. Apalagi bagi sebuah perguruan tinggi yang punya fungsi utama mencerdaskan anak bangas serta melahirkan para ilmuwan yang berkualitas.

Bagi Universitas Baturaja, dies natalis punya makna penting bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tapi juga penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya. Keberadaan Universitas Baturaja yang sekarang berusia hampir seperempat abad menjadi bukti UNBARA masih memiliki daya tarik di tengah persaingan yang makin ketat di antara perguruan-perguruan tinggi negeri maupun swasta di Sumatera Selatan terkhusus di bumi Sebimbing Sekundang. Tapi, UNBARA juga menghadapi tantangan berat karena di era keterbukaan informasi seperti sekarang, banyak perguruan tinggi lain yang mampu mengejar ketertinggalan dari sisi usia dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang canggih untuk membangun pencitraan dan reputasi dirinya.

Persaingan dalam penyediaan jasa pendidikan tinggi mengharuskan Universitas Baturaja untuk melakukan berbagai perubahan internal agar tetap eksis. Apalagi, berbagai standar internasional telah ditetapkan sebagai aturan main untuk memperketat persaingan di kalangan penyedia jasa pendidikan tinggi. Konsep-konsep seperti World Class University, Research University, dan sejenisnya menjadi alat seleksi untuk menentukan eksistensi perguruan tinggi di tingkat global. Untuk bisa meraih peringkat penting dalam ajang kompetisi tersebut, Unbara harus bisa berinovasi, mengubah aturan main yang membelenggu kreativitas civitas academica, bahkan merombak total budaya organisasi yang menghambat proses adaptasi tersebut.

Baca Juga :   Bupati Berikan Bantuan Korban Covid-19 Serta Tinjau Puskesmas Burnai Mulia

Oleh karena itu para pengurus HMI Cabang Baturaja mengunjungi Universitas Baturaja yang sedang menggelar agenda Dies Natalis UNBARA yang ke-22 tahun yang di rayakan langsung bertepatan dengan Ulang tahun OKU ke-111 (29/07) Dalam kesempatan itu pula para Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Baturaja Bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan Rektor dan Wakil Rektor I Unbara bidang akademik dan kemahasiswaan.

Dalam kesempatan tersebut, Rendy Parama Ardita, SE Selaku Ketua Umum Mengucapkan Dirgahayu Universitas Baturaja atas bertambahnya umur Kampus Orange itu.

“Atas Nama Pribadi dan Organisasi, kami ucapkan selamat ulang tahun kepada Universitas Baturaja yang ke-22 tahun, tentu dengan bertambahnya usia unbara ini akan semakin banyak calon mahasiswa, baik Mahasiswa aktif serta alumni yang akan membawa nama unbara melambung lebih tinggi” ujar nya.

Senada dengan Rendy, Erlangga Citra Valentino, S.I.P selaku Sekretaris Umum HMI Cabang Baturaja menyampaikan Selamat Diesnatalis Universitas Baturaja yang Ke 22 tahun dan Sukses selalu untuk UNBARA TV, Rumah Inggris, Ruang Kemahasiswaan, Laboratorium, dan lain-lain yang telah dilaunching hari ini dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan yang mana bertepatan pula dengan HUT OKU yang ke 111.

Ia berharap dengan usia UNBARA yang ke 22 tahun dapat menjadi motor penggerak iptek dan pemecah permasalahan yang ada di massyarakat, semoga dengan memperingati hari lahir UNBARA ini dapat dijadikan instrospeksi tentang apa yang telah diperbuat untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dan yang pastinya membutuhkan kreativitas dan inovasi kita bersama supaya Universitas Baturaja benar-benar menjadi kampus yang maju, unggul dan berkarakter serta mampu mengaktualisasikan serta mendedikasikan tekad semua elemen untuk Maju bersama, berjaya dan tetap berkarya dalam menghasilkan generasi muda yang bermutu dan bermanfaat bagi sesama.

Baca Juga :   KNPI OKU Timur perpanjang Pendaftaran Peserta LKK Pemuda

Rektor Unbara, Ir. Hj. Lindawati MZ., M.T. menyampaikan “Atas Nama pribadi dan civitas akademika UNBARA kami ucapkan terima kasih kepada adik-adik HMI Cabang Baturaja, Semoga HMI Juga selalu konsisten dalam membantu mahasiswa UNBARA menuju perubahan yang baik kedepannya dan itu salah satu cara untuk menjadikan kampus orange ini menjadi kampus yang maju, kampus yang unggul dan kampus yang berkarakter” Ucapnya.

Disisi lain, Novri Helmi.,S.T. Selaku Ketua bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda HMI Cabang Baturaja menyampaikan kepada Wakil Rektor I UNBARA Bapak Yunizir Djakfar S.Sos., M.I.P. Tentang Program yang akan di tawarkan ke masyarakat dan kepada mahasiswa.

“Dengan bertambahnya umur UNBARA ke-22 tahun ini artinya UNBARA cukup matang dan menjadi teladan bagi Perguruan Tinggi di OKU Raya, sebagai kampus terbesar di OKU Raya dan menjadi etalase pikiran, apa saja formulasi yang akan di tawarkan oleh UNBARA ke masyarakat maupun mahasiswa” Tegas nya.

Wakil Rektor I UNBARA Yunizir Djakfar, S.Sos., M.I.P menyampaikan bahwa UNBARA hari ini masuk di peringkat ke -7 Kampus yang unggul di Sumatera Selatan, berdasarkan Data L2DIKTI WILAYAH II

“Senang sekali adik-adik Dari Hmi Cabang Baturaja dapat turut serta mewarnai Corak yang ada di Universitas Baturaja, UNBARA juga sedang mengadakan Program KIP Jalur Mandiri, mungkin ada keluarga yang memang benar-benar ingin melanjutkan pendidikannya namun masih terhalang oleh ekonomi bisa di daftarkan ke unbara melalui jalur KIP Mandiri, Unbara juga akan selalu konsisten membangun peradaban yang ada di kabupaten OKU Maupun Nasional” Tutup Nya.