Kuatkan Pemilu 2024, Bawaslu Teken MOU Nota Kesepahaman Dengan Pemkab OKU Timur

  • Bagikan

Kupas.News-Martapura-Pemerintah OKU Timur melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengawasan Pemilihan Umun (Bawaslu) tentang penguatan pengawasan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024, bertempat di Media Center Pemkab OKU Timur, Rabu 10 Agustus 2022.

Menurut Bupati, bahwa sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 7 tahun 2017, yang menjelaskan tentang pemilihan umum, pengawasan bukan hanya dibebankan kepada Bawaslu saja, tetapi juga ada partisipasi pemerintah daerah dan masyarakat (pengawasan partisipasi).

“Sesuai dengan amanat undang-undang yang tercantum, saya sebagai Bupati OKU Timur melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan badan pengawasan pemilihan umum Kabupaten OKU Timur terkait penguatan, pengawasan dalam penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, “Sebagai pemerintah Kabupaten OKU Timur, kita akan selalu bekerja sama dan bersinergi bersama dengan Bawaslu Kabupaten OKU Timur demi suksesnya pemilihan umum serentak tahun 2024 nanti.” Pungkasnya.

Baca Juga :   Gantikan Hendra Mularis, Feri Antoni Jabat Bendahara DPW PAN SUMSEL

Dalam penandatangan MoU tersebut Bupati Enos didampingi oleh Asisten 1 dan Sejumlah Kepala OPD terkait.

Sementara itu Ke tua Bawaslu OKU Timur Agus Purnawan, S.IP mengungkapkam, Alhamdulilah hari ini Bawaslu telah melakukan Penandatangan MOU Tentang Penguatan Pengawasan Dalam Penyelenggaraan Pemilih Umum dan Pemilihan Serentak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Tahun 2024, Ucapnya.

Maksud dari nota kesepakatan ini adalah untuk membangun komitmen bersama Bawaslu Oku Timur dengan Pemerintahan Daerah beserta OPD yang terkait seperti Kesbangpol, Dikbud, PMD, BPKSDM, Diskducapil, BPKAD, Dishub, BPPRD, Kasat Pol PP, dan Diskominfo agar dapat terbangun sinergi dalam penguatan Pengawasan Pemilu dan Pemilihan Serentak di Tahun 2024. Tambah, agus Purnawan.

Baca Juga :   HUT KNPI 49, KNPI OKU Timur Minta Pemkab Lakukan Pengembangan Kabupaten Layak Pemuda

Disis lain Beni Tanagus Komisioner Bawaslu Menegaskan Tujuan kesepakatan ini sebagai upaya Optimalisasi Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Pelanggaran, serta upaya menjaga netralitas aparatur sipil negara, Perangkat desa serta pejabat lainnya pada setiap tingkatan di Pemerintah Daerah Oku Timur. Harapan kami, Pemerintah Daerah dan jajaran dapat mendukung serta mensupport semua hal yang berkaitan dengan kepemiluan, karena yang bertanggung jawab untuk mensukseskan Pemilu ini bukan hanya Bawaslu dan KPU saja tetapi semua komponen pemerintah daerah dan masyarakat, tegasnya.

Tampak hadir langsung Ketua Bawaslu Agus Purnawan, S.IP hadir didampingi oleh jajaran komisioner pengurus Bawaslu OKU Timur, Asisten I, Kaban Kesbangpol serta SKPD Lainnya.(**)

  • Bagikan