Mahasiswa KKN Tematik UNUHA Buat Profil Desa Rejo Mulyo Kecamatan Belitang II

  • Bagikan

kupas.news

Desa Rejo Mulyo merupakan pemekaran dari Desa Totorejo. Desa Totorejo dahulunya dipimpin oleh Kepala Desa bernama Suhadi selaku PJS ( Pemegang Jabatan Sementara). Setelah terjadinya pemilu pada tahun 2008 terpilihlah Jupri sebagai Kepala Desa Totorejo.

Desa Totorejo dahulunya terdapat 3 Dusun dengan 12 RT. Pada masa kepemimpinan Kades Jupri atau yang lebih dikenal dengan Bapak Tole mempunyai program pengembangan Desa dimana pada program pemekaran Desa tersebut Bapak Jupri dibantu oleh Suhadi untuk mengurus administrasi terkait pemekaran Desa tersebut agar bisa terealisasikan.

Dikarenakan  Dusun 3 Desa Totorejo sudah memenuhi syarat pemekaran Desa yaitu dengan jumlah penduduk 400 jiwa maka Bapak Jupri memutuskan untuk memecah Dusun 3 menjadi Desa baru pada tahun 2009. Setelah melalui musyawarah dengan para sesepuh dan perangkat Desa maka ambillah kesepakatan Rejo Mulyo sebagai nama Desa yang baru.

Baca Juga :   Majukan Desa, Pemdes Trimoharjo bangun Jalan Rabat Beton

Pada tahun 2011 dilakukan pemilu perdana di Desa Rejo Mulyo maka terpilihlah Bambang Sairan sebagai Kepala Desa Rejo Mulyo. Desa Rejo Mulyo memiliki 1 unit SD 2 Toto Rejo, 1 unit PAUD yang sudah layak ruang belajarnya.

Desa Rejo Mulyo saat ini masih tertinggal dalam segi  pembangunan, terutama dalam sarana prasarana.  Hal ini dapat dilihat dalam hal sarana dan prasarana jalan, akses internet, sarana tenaga pendidik, sampai saat ini  Desa Rejo Mulyo baru memiliki jalan yang telah di cor beton sekitar kurang lebih 3 km.

Namun demikian, Desa Rejo Mulyo terus berusaha semaksimal mungkin untuk membangun Desa sehingga mampu mensejajarkan diri dengan desa-desa lain di Kecamatan Belitang II OKU Timur. Desa Rejo Mulyo merupakan desa perkebunan karet, maka sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagain petani karet.

Baca Juga :   Forkopimda OKU Timur Tinjau Sepuluh Titik Pilkades

Sekilas Profil desa ini berdasarkan wawancara dengan Pujianto Kadus 2 Desa Rejo Mulyo oleh Mahasiswa KKN-T_12 Desa Rejo Mulyo pada 15 Juli 2022.

(Red)

  • Bagikan