Medan Yang Terjal, Bawaslu OKU Timur pakai Trail Lakukan Pengawasan Melekat Coklit Mata Pilih

Kupas.News-OKU Timur-Dalam rangka melakukan Pengawasan Melekat Tahapan Coklit Mata Pilih Untuk Pemilu 2024 Bawaslu Oku Timur dengan Jajaran Panwascam dan PKD Kecamatan Jayapura melakukan Monitoring Ke Dusun Vila Masin yang terletak di desa Mendah Kecamatan Jayapura,Minggu ( 19/02/2024).

Medan yang terjal tidak mengurangi semangat untuk melakuan monitoring pengawasan tahapan pemilu 2024, Bawaslu OKUT untuk sampai ke lokasi memakai Motor Trail / Motor yang sudah di modifikasi.

Ketua Bawaslu Oku Timur Agus Purnawan melalui Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Benny Tenagus saat di hubungi pewarta mengatakan Pada prinsipnya kami jajaran Bawaslu Oku Timur siap mengawasi tahapan-tahapan pemilu, pada saat ini tahapan coklit mata pilih dan juga Verfak Bakal Calon DPD RI Perwakilan Sumsel.

“Meski diujung wilayah Oku Timur yang agak sulit dijangkau, di dusun mendah ada 6 TPS yang akan dicoklit oleh Petugas Pantarlih, untuk mecapai lokasi hanya bisa dijangkau dengan kendaraan Motor Trail / yang sudah di modifikasi, ujarnya”,

Semoga tahapan coklit ini berjalan dengan baik dan masyarakat Oku Timur yang sudah memenuhi syarat tidak ada yang tidak terdaftar sebagai mata pilih untuk Pemilu 2024,
Kami Tetap mengajak Stakholder, TNI-Polri, seluruh lapisan masyarakat, Ormas, OKP, Toma, tokoh Agama, dan Tokoh Adat untuk bersama-sama mengawasi setiap tahapan Pemilu terkhusus sekarang Tahapan pemuktahiran data pemilih, apabila masyarakat merasa belum di coklit atau terdaftar dimata pilih nantinya untuk melapor ke Posko Jaga Hak Pilih Bawaslu dan Jajaran yang ada diKecamatan, dan juga kami mengajak sahabat Media baik cetak maupun online untuk dapat menyampaikan Info-info terkait kepemiluan, semoga Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan sukses. “Tambah Beni”.

Baca Juga :   Camat Belitang II Salurkan Bantuan Santunan Kematian Bupati OKU Timur, Ahli Waris: Terimakasih Pak Enos

pada saat bersamaan juga Ketua dan Tim dari KPU OKUTimur turun melakukan monitoring ke Dusun Vila Masin untuk memastikan Jajarannya sudah melaksanakan tugas pencoklitan apa belum.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya mengungkapkan monitoring bersama ini memastikan tahapan pemilu dilaksanakan dengan lancar terutama saat pencoklitan mata pilih yang dilakukan oleh petugas pantarlih, petugas pantarlih apabila sudah melaksanakan coklit jangan lupa isi diaplikasi Coklit Mata Pilih agar kami mengetahui pergerakan Petugas Pantarlih melaksanakan tugas coklitnya setiap hari, “ucap ketua KPU Oku Timur”.

Sementara itu Ketua PPK Jayapura menyampaikan pada saat ini Desa Mendah dari hasil Pemetaan Oleh KPU OKU Timur ada 14 TPS untuk Pemilu 2024 sedangkan pada waktu Pemilu 2019 ada 17 TPS, maka kami berharap KPU OKUT untuk menambah TPS di Desa Mendah, paling tidak sama seperti pada waktu pemilu 2019. Melihat letak geografis yang penduduknya yang jauh untuk menjangkau TPS sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih,begitu juga wilayah lainnya yang ada di Oku Timur.”ungkapnya”.

Baca Juga :   Camat Belitang III Gelar Mediasi Pemberhentian Perangkat Desa, Berikut ini keterangannya

Selain itu juga ketua Panwascam Jayapura menghimbau petugas pantarlih didesa Mendah terkhusus dusun Vila Masin untuk melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada dalam melaksanakan tugas, datangilah masyarakat yang sudah memenuhi syarat dari rumah kerumah untuk melakukan coklit agar dapat memastikan masyarakat yang akan dicoklit sudah terdaftar di mata pilih atau belum, apalagi pemilih pemula, pensiunan TNI-Polri dan Pindahan serta pemilih yang Distabilitas jangan lupa untuk didata dan diperhatikan.(Iw)