Ratusan Warga Umat Hindu Desa Wanabhakti Ikuti Perayaan Melasti

  • Bagikan

kupas.news|Oku Timur__ Melasti merupakan tradisi yang dilakukan Umat Hindu setiap setahun sekali, umumnya dilaksanakn sebelum Tapa Brata Panyepian. Melasti dilaksanakan seminggu sebelum perayaan nyepi, ini terlihat perayaan melasti di Desa Wanabhakti Kecamatan Madang Suku 3 Oku Timur, Senin(11/03/2021).

perayaan hari raya nyepi melasti yang dilaksanakan umat hindu desa wanabhakti berjalan dengan lancar dan khidmat dan diikuti ratusan umat hindu.

Wayan Sunarta ketua adat desa umat hindu Desa wanabhakti mengatakan perayaan melasti ini untuk menyambut hari raya nyepi, acara melasti ini bertujuan untuk membersihkan alam sekala dan niskala, dan bersiap menyambut tahun baru saka agar lebih baik dari sebelumnya.

“melasti ini sebuah tradasi adat yang di adakan umat hindu untuk menyambut hari raya nyepi, yang bertujuan untuk membersihkan alam skala dan niskala menyambut tahun baru saka agar lebih baik dari sebelumnya” jelasnya.

Baca Juga :   Sumbang 4 Medali Dari Cabor Sambo OKU Timur

perayaan melasti hari raya nyepi di ikuti ratusan warga dengan melakukan ritual pembersihan, dan membawa prasaran persembahyangan serta mengusung pretima ( benda atau patung yang di sakralkan) untuk di bersihkan secara sekala dan niskala.

sementara Ketut Sumantera tokoh pemuda umat hindu mengakatan “Dalam Sundarigama dan shanghyang Aji Swamandala, disebutkan, melasti merupakan proses meningkatkan Sraddha dan Bhakti pada Para Dewata dan manifestasi Tuhan yang bertujuan untuk menghilangkan mala atau penderitaan” ungkapnya.

perayaan melasti dalam menyambut hari raya nyepi umat hindu berjalan dengan khidmat dan semoga membawa berkah bagi kita semua.(IW)

  • Bagikan