Satu Tahun Enos Yudha Pimpin OKU Timur, Disdikbud OKU Timur Terus Berinovasi

  • Bagikan

OKU Timur-kupas.news

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur terus berinovasi dan melakukan terobosan besar selama satu tahun kepemimpinan H. Lanosin S.T dan H.M Adi Nugraha Purna Yudha S.H sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur, dengan memasukkan mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Komering dalam kurikulum siswa SD dan SMP sebagai upaya melestarikan Budaya Komering.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur Wakimin S.Pd.,M.M mengatakan banyak inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelestarian Budaya di OKU Timur, salah satunya memasukkan Muatan Lokal Budaya Komering sebagai mata pelajaran di sekolah. Selain itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga membuat website Budaya Komering yang beberapa waktu lalu sudah dilaunching oleh Bupati OKU Timur.

“Muatan Lokal Budaya Komering dan website Budaya Komering merupakan Ikhtiar Disdikbud dalam melestarikan Budaya Asli OKU Timur “ungkapnya Minggu (26/2/2022)

Lanjutnya banyak prestasi yang di torehkan Sekolah dan Siswa untuk mengharumkan OKU Timur, seperti 7 Sekolah di OKU Timur yang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu Siswa di Kabupaten OKU Timur juga meraih prestasi dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang IPS dan matematika.

Baca Juga :   dr. Sheila Noberta bagikan sembako untuk Cleaning Servis dan Security RSUD Martapura

” Disdikbud OKU Timur akan terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan melestarikan kebudayaan sebagai upaya mewujudkan Visi Misi OKU Timur Maju Lebih Mulia ” terangnya.

Wakimin S.Pd.,M.M melanjutkan Kondisi kemajuan Pendidikan di OKU Timur, juga ditopang dengan penganggaran APBD sesuai dengan Amanah perundang undangan yang ada, OKU Timur dengan kemampuan yang ada, telah menganggarkan 29,7%  dari dana APBD, di gunakan untuk anggaran program urusan Pendidikan di tahun 2021. Keberpihakan anggaran ini berimplikasi kepada angka partisipasi sekolah yang berada diatas rata rata angka partisipasi Kasar provinsi.(Sumber NPD Kemdikbud 2020).Pada tahun 2021 saja APK siswa SD  berada diangka 97.52. dimana angka ini mencerminkan bahwa penduduk OKU Timur yang terlayani di jenjang sekolah dasar cukup signifikan, begitu pula pada jenjang SMP yang berada di angka 97.17. (Sumber NPD Kemdikbud 2020).

Kemudian juga program Indonesia Pintar yang bergulir selama ini sangat membantu pelaksanaan pembelajaran di jenjang SD dan SMP, pada tahun 2020 angka penerima program sejumlah 22.791 siswa dengan total anggaran 9.323 milyar rupiah. Serta jenjang SMP dengan penerima sejumlah 9.434 siswa dengan jumlah anggaran 5.923 milyar rupiah. (Sumber NPD Kemdikbud 2020)

Baca Juga :   100 Hari Jelang FORNAS VII Sumatera Selatan

“Capaian – capaian yang ada tak lepas dari kepemimpinan bupati OKU Timur saat ini, keberpihakan anggaran dan kebijakan yang ada menjadikan Pendidikan OKU Timur pantas disandingkan dengan daerah daerah lainya di provinsi sumatera selatan .Ke depan pada tahun 2022 program program lainya akan dilaksanakan antara lain program bantuan Pendidikan bagi siswa tidak mampu dan pembagian seragam gratis bagi siswa siswa tidak mampu yang secara bertahap akan ditambah jumlahnya” katanya
 Wakimin S.Pd.,M.M ,menambahkan kondisi pandemi Covid 19 saat ini juga mempengaruhi kondisi kemajuan Pendidikan di OKU Timur, maka kepala dinas pun bertekad akan  memutus penyebaran COVID 19,  dengan mengulirkan kegiatan Vaksinasi Covid 19 bagi Guru dan Siswa. Lebih dari 80 % Guru dan siswa SD-SMP telah melaksanakan Vaksinasi. Pendidikan yang saat ini terus bergeliat di OKU Timur perlu kontribusi dan peran serta seluruh pihak tidak hanya pemerintah tetapi juga masyarakat secara umum.

“Peran serta tersebut antara lain adalah keberpihakan masyarakat untuk, mengontrol dan mengevaluasi dengan bijak perkembangan Pendidikan di OKU Timur, tegur dengan baik jika terdapat kesalahan dan berikan reward jika memang terdapat kemajuan” pungkasnya

Oke

  • Bagikan