Tingkatkan IMTAQ Generasi Muda, Mahasiswa KKN Tematik UNUHA Kelompok 13 Desa Purworejo Sukarela Mengajar TPA/TPQ

  • Bagikan

kupas.news

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) kelompok 13 Desa Purworejo Universitas Nurul Huda (UNUHA) melakukan pengajaran mengaji sukarela di Taman Pendidikan Al – Qur’an (TPQ) Dusun 2 desa Purworejo Sejak Selasa 12 Juli 2022.

Ketua Kelompok KKN Tematik -13 Desa Purworejo Okta Al Ihfan mengatakan kegiatan TPA ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak dalam rangka meningkatkan ketaqwaan anak usia dini dalam belajar membaca Al-Quran, terutama pengetahuan anak-anak setempat terhadap ilmu keagamaan.

“Terdapat dua Pembagian Pembelajaran untuk santri TPA Nurul Hidayah. Kegiatan ini berlangsung selama dua waktu. Waktu pertama dimulai pada jam 15.30 hingga 17.00 WIB. Sedangkan waktu kedua dimulai pada jam 18.30 hingga 20.00 WIB. Dikhususkan untuk anak-anak yang baru belajar Iqra’ biasanya dimulai dengan membaca doa sebelum belajar, doa sehari-hari dan mengaji. Kemudian Pukul 18.30 Dilanjutkan untuk anak anak yang sudah Belajar Al Qur’an” terangnya Rabu (27/7/2022)

Okta Melanjutkan semoga dengan adanya kegiatan KKN UNUHA Angkatan XIX ini dapat diterima dengan baik oleh para santri dan orang tua santri. Mahasiswa akan berusaha sebaik mungkin memberi pelajaran mengaji Al-Qur’an dengan cara memperkenalkan diri, menciptakan keakraban dan menerima saran serta masukan untuk pendidikan demi suksesnya kegiatan pembelajaran mengaji Al-Qur’an.

Baca Juga :   Pelaku Penganiayaan Perawat Rs Siloam Ditetapkan Sebagai Tersangka

Lokasi dari TPA Nurul Hidayah sendiri berdampingan dengan mushola nurul Nurul Hidayah, dengan bangunan yang memiliki dua ruangan untuk melakukan proses belajar mengajar. Dengan fasilitas yang ada dan dengan menggunakan papan tulis kapur dan dengan peralatan yang seadanya. Dengan demikian para santriwan dan santriwati sangat bersemangat dan berantusias  dalam proses belajar mengaji.

Selain juga menjadi tempat silaturahmi antara satu dengan yang lain mengaji merupakan salah satu tuntunan bagi setiap muslim, dimana menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia sampai akhir hayatnya nanti. Rasulullah Muhammad SAW mewajibkan umat manusia untuk mencari ilmu sejak lahir hingga akhir hayat.

Rasulullah SAW bersabda:

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ

Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lakhdi. Artinya:

 “Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat.”

Baca Juga :   Mahasiswa UNUHA Jurusan PTI Gelar Observasi di SMK PGRI 2 Belitang

Sementara Ustadzah Hani Selaku Guru di TPA/TPQ menuturkan Mahasiswa kkn-t_13 memberikan materi pembelajaran yang sudah dijadwalkan dan kegiatan diakhiri dengan membaca surat-surat pendek. Anak-anak TPA pun senang akan adanya mahasiswa KKN UNUHA, sebab mereka menjadi lebih semangat dalam belajar mengaji.

“Adapun kegiatan tambahan yang menjadi aktivitas untuk santri dan santriwati dalam mengembangkan kreatifitas para peserta didik, yaitu Belajar Qira’ati. Kegiatan tambahan yang dilaksanakan setiap hari Rabu, para santri dan santriwati diminta untuk belajar Qira’ati Qur’an, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para santri agar siap mengikuti ajang perlombaan di berbagai kompetisi, dan meraih juara.” Ucapnya

Berikut Nama Mahasiswa KKN Tematik UNUHA Kelompok 13 di desa Purworejo:

1. Linda Darma Sari

2. Lisaful Kholifah

3. Deah Sadila Putri Yani

4. Nur Halimah

5. Okta Al Ihfan

6. Intan Novita Sari

7. Nanik Wahyuni

8. Novira Nurdilanita

9. Ita Purwati

10. Jecky Kurniawan Pratama

Dosen Pembimbing

Syaiful Anam M.Pd

(Red)

  • Bagikan