Tingkatkan SDM Perangkat Desa Kelirejo, Mahasiswa KKN-T 07 UNUHA Gelar Pelatihan Bahasa Inggris dalam Penulisan Surat Dinas Online

  • Bagikan

kupas.news

Mahasiswa KKN-T 07 Universitas Nurul Huda (UNUHA) mengelar kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris dalam Surat Dinas Online di era Digital desa Kelirejo. Sabtu (30/7/2022)

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tujuan membantu perangkat desa Kelirejo Kecamatan Belitang II untuk memberikan wawasan akan penulisan surat dinas dengan baik dan benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Diharapkan perangkat desa nantinya dapat mengaplikasikan pelatihan ini dalam proses adminitrasi kepemerintahan desa. Mahasiswa berkolaborasi bersama dosen yaitu mahasiswa adalah penyelenggara dan tim pendamping praktik dan dosen adalah narasumber dalam kegiatan pelatihan ini.

Penyampaian Materi Pelatihan oleh Pembicara

Proses pembukaan pelatihan diawali dengan sambutan oleh Hastuti Retno Kuspiyah, M.Pd., selaku dosen UNUHA. Dalam sambutan menyampaikan ucapan terimakasih atas izin dan sambutan baik dengan terselenggaranya kegiatan di desa Kelirejo,

Baca Juga :   Donor Darah, Tradisi HMI OKU Timur Peringati Milad

“Pelatihan ini sebagai salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi kami dan semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dalam membantu pelaksanaan administrasi kepemerintahan desa.” ungkapnya

Foto Bersama Mahasiswa KKN Tematik-07 UNUHA dengan Perangkat Desa Kelirejo

Kemudian Hermansyah, selaku Kepala Desa Desa Kelirejo memberikan sambutan sekaligus membuka langsung pelatihan ini. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan rasa terima kasih untuk pelatihan yang diberikan kepada perangkat desa.

“Semoga yang telah dipelajari dapat membantu perangkat desa dalam menjalankan kewajiban sebagai abdi negara” ucapnya

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Yopi Novanda, M.A. terkait penulisan surat dinas dan Nia Kurniati, M.Pd. terkait pemahaman Bahasa Inggris serta proses pengiriman surat melalui e-mail. Kedua pemateri merupakan dosen di Universitas Nurul Huda. Materi yang diberikan meliputi: 1) pengertian dan jenis surat dinas, 2) bagian-bagian surat dinas, 3) penulisan yang baik dan benar dan surat dinas, 4) contoh penggunaan kata yang sesuai dan tidak sesuai PUEBI, 5) praktik penulisan surat dinas, 6) pemahaman Bahasa Inggris dalam e-mail, dan 7) praktik mengirimkan surat dinas secara online.

Baca Juga :   Pengurus KONI SUMSEL Lakukan Audiensi Dengan Bupati OKU Timur,Jelang PORPROV XII

Peserta pelatihan terdiri dari perangkat desa Desa Kelirejo, Karang Taruna Desa Kelirejo, dan Kader Remaja Desa Kelirejo sejumlah 18 orang. Peserta pelatihan Nampak antusias dan proaktif selama proses pelatihan. Hal ini terlihat ketika proses pemahaman oleh pemateri dan terlebih ketika praktik yang didampingi oleh mahasiswa KKN-T UNUHA. Pelatihan yang disertai praktik dinilai sangat memudahkan pemahaman peserta dalam pelatihan ini.

Lebih lanjut, diharapkan peserta pelatihan mampu membuat surat dinas yang baik dan benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia serta memahami perkembangan digital dalam pelaksanaan tugas sebagai abdi negara.

(Red)

  • Bagikan